Kamis, 11 Maret 2010

Danau Ranau, Keindahan Panorama Alam Sesungguhnya

Posted by Alfiana Sari 23.53, under ,, | 8 comments


Danau Ranau nerupakan danau terbesar terindah yang ada di Sumatera Bagian Selatan.berbentuk bulan sabit yang melingkar ada setengah bagian Gunung Seminung (1.881 M). Luas Danau 128 km2 yang memiliki simpul-simpul wisata yang indah dan nyamansehingga cocok bagi wisatawanyang ingin bersaqntai dan bergembira bersama keluarga.
Tempat-tempat yang menarik dalam kawasan Danau Ranau antara lain :air panas di kaki gunung seminung, pulau Mariza, Air terjun Subik, Pantai Sinangkalan, Air terjun La’ai dan Gunung Seminung, yang masing-masing memiliki keunikan dan kenyamanan tersendiri.

Untuk menambah kenyamanan dan ketenangan para wisatawanyang berkunjung ke Danau Ranau, juga telah tersedia perahu-perahu motor,sarana pemandian air panas, cottage serta sarana akomodasi lainnya, restoran dan rumah makan,ruang pertemuan, dermaga wisata, jalan lingkar danau serta sarana-srana wisata lainnya. Selain melalui jalan darat , untuk mencapai Danau Ranau, para wisatawan juga dapat menggunakan jasa transportasi udara, dengan telah diresmikannya penggunaan Lapangan Terbang Perintis di Banding Agung yang mengambil Route Palembang-Banding Agung.
Danau Ranau dedngan airnya yang tenang dan dikelilingi oleh hijaunya pepohonoan dan perkebunan kopi rakyat,dengan suhu udara berkisar antara 11oC-31oC akan semakin memberikan kenyamanan, kesejukan dan kesegaran para pengunjung yang sedang menikmati hari-hari liburnya bersama keluarga .
Festival Danau Ranau

Peristiwa tetap yang dilaksanakan di Danau Ranau dan telah dikenal oleh masyarakat luas adalah Festival Danau Ranau. Festival ini bersifat tahunan yang penyelenggaraannya setiap akhir bulan Desember dalam rangka menyambut Tahun Baru.Para pengunjung dapat menyaksikan berbagai peragaan seni budaya daerah, permainan rakyat yang ada di Kabupaten ogan Komering Ulu Selatan dan sekitarnya, serta dapat menikmati kegiatan Lomba Perahu Cadik( perahu tradisional masyarakat Ranau).Perjalanan wisata Danau Ranau akan semakin mengesankan dengan mengunjungi dan menikmati tempat-tempat yang menarik berikut ini :
a.Air terjun Subik

Air terjun ini berada 300 meter dari pinggir Danau Ranau, dekat dengan areal persawahan. Untuk tiba di lokasi Air Terjun inidibutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari Cotteges, menyusuri jalan setapak. Dari kejauhan telah terdengar gemuruhnya suara Air Terjun ini yang memiliki ketinggian 15 meter. Di tempat ini telah tersedia tempat mandi yang menyerupai kolamdan shelter istirahat. Udara di sekitarnya sangat sejuk dan berembun, sangat ccocok sebagai tempat bersantai menghilangkan kepenatan atau tempat untuk menemukan inspirasi-inspirasi baru.
b.Air Panas
Para wisatawan yang ingin menikmati hangatnya air panas, hanya dibutuhkan waktu 20 menit perjalanan dari Dermaga Wisata Cottages dengan menggunakan perahu motor.
Lokasi air panas ini berada di kaki Gunung Seminungyang menempati areal seluas 80 m2. Di tempat ini telah dibangun sarana pemandian air panas, seperti tempat pemandian terbuka,ruang pertemuan, Dermaga wisata dan sarana lainnya. Dengan suhu air panas antara 50 o C-70 o C sangat cocok sebagai tempat mandi untuk menghilangkan kepenatansetelah berkeliling Danau.
c.Pantai Senangkalan

Indahnya alam sekitar Danau Ranau, kokohnya Gunung Seminung yang hijau, pasir putih yang memenjang, gemericik suara ombak dan merdunya nyanyian nyiur melambai dapat dinikmati di Pantai Senangkalan ini. Mandi dan bersantai bersama keluarga merupakan kegiatan utama di tempat ini yang penuh ketenangan, kenyamanan dan udara segar. Disini juga telah disediakan kolam renang untuk menambah sarana pelengkap bagi para pengunjung.
d.Pulau Mariza
Pulau ini dulunya dikenal dengan sebutan Tanjung Kejang, karena mulanya berbentuk tanjung yang panjang menyatu dengan Gunung Seminung. Akibat hantaman ombak, sekarang ini hanya tinggal bagian yang ada di tengah Danau yang menyerupai sebuah pulau kecil yang dinamakan Pulau Mariza.
Pulau kecil ini penuh ditumbuhi pohon-pohon nyiur sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga sembari memencing ikan mujair dan menikmati Keindahan panorama alam Danau Ranau. Untuk mencapai tempat ini, hanya dibutuhkan waktu 15 menit perjalanan dari air panas dengan menggunakan perahu motor.
Lapangan Terbang Perintis Danau Ranau
Untuk lebih mempercepat usaha promosi Danau Ranau sebagai obyek wisata andalan, sekarang telah tersedia transportasi udara, yaitu dengan diresmikannya penggunaan Lapangan Terbang Perintis Danau Ranau oleh Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 12 Oktober 1995.
Lapangan Terbang ini diperuntukkan bagi pesawat-pesawat jenis CASA 212 dengan rute perjalanan dari Palembang ke Banding Agung. Dibutuhkan waktu 40 menit perjalanan dari Palembang dengan menggunakan peseta terbang
Tapi seiring dengan perkembangan jaman, Sarana ini sekarang terbengkalai karena KETIDAKMAMPUAN Pemda setempat dalam mengelola sarana ini. Masyarakatpun nenpunyai andil yang besar dalam perusakan sarana ini. Mereka tidak dapat menjaga fasilitas yang sudah ada. Lapter ini sekarang digunakan sebagai sarana untuk Adu kecepatan Motor atau dalam Bahasa Gaulnya Ngetrek parakaum muda. Tak jarang juga lapter ini dipakai untuk Kejuaraan balap Motor local pada waktu-waktu tertentu.


Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

8 komentar:

wah jadi kepingin kesana

@ saruf: Silahkan mas bisa dicoba untuk refreshing,kalo perlu bantuan hubungi saya....

Inilah kekayaan alam yang tersembunyi,,
kapan2 kesono ah..

mantab gan pemandangannya ...

kira2 butuh biaya brpa ksana dr bandar lampung,termasuk biaya penginapan di cottage ny?

Anonim : kalo dari Bandar Lampung, kira2 ongkos 50.000 naik bus ranau,,
biaya penginapan sekitar 100-200 rb,,tergantung kelas kamarnya..

Danau Ranau..... Penuh kenangan indah.... Jika anda pergi dengan pasangan anda ke Danau Ranau, maka rasa sayang dan cinta di antara anda akan semakin kuat. Coba ajak pacar, isteri dan keluarga anda menikmati semilirnya angin di tepian Danau Ranau.....

klo dari jakarta berapa jam yaa??
misalkan saya sudah di merak nyampenya jam 11 siang, berapa lagi jarak tempuh ke danau ranau?
trus kondisi jalan dan daerah rawan ga??
mohon informsinya

Poskan Komentar

Monggo dikomentari atuh......